Minggu, 22 Desember 2013

SEJARAH PENCAK SILAT

SEJARAH PENCAK SILAT

Pencak silat adalah seni bela diri asli Indonesia yang berabad-abad umurnya dandiwariskan secara turun-temurun dari generasi satu kegenerasi berikutnya.Menurut prof.Dr.Purbo Caroko dalam bukunya dituliskan bahwa Pencak Silat diteropongdari sudut kebangsaan Indonesia,wongso Negoro juga menuliskan dalam buku bahwa PencakSilat adalah gerak serang dan bela diri yang berupa tari yang berirama dengan peraturan adatkesopanan tertentu yang biasanya untuk pertunjukan umum,adapun ciri-ciri gerakan pencaksilat Indonesia yaitu:
1. Bersifat lentur,halus dan lemas tapi tetap menggunakan tenaga pada saat-saattertentu.
2. Tidak membutuhkan banyak ruang.
3. Lebih mengutaamakan mengelak,memeindahkan serangan lawan dan menguncidari pada membenturkan tenaga.
4. Banyak mnggunakan tenaga lawan dengan memanfaatkan keseimbangan lawan.
5. sikap tangan selalu dekat dengan badab,kecuali saat melakukan penyerangan.
6. Tendangan tidak terlalu tinggi dan tidak banyak menggunakan permainan tengahataupun bawah.
7. Dalam melakukan serangan/tangkisan tidak banyak suara.
8. Banyak tian ringan dalam melangkah.
9. Sikap selalu tenang dan santai tetapi tetap waspada.
10. Menggunakan kecepatan,ketepatan dan kelincahan.Meskipun ada ciri-ciri umum yang disebutkan diatas setiap daerah mempunyai ciri-cirikhusus yang disebabkan oleh pengaruh budaya,keadaan wilayah,kepribadian dan pendidikansetempat
SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SETIA HATI
SH didirikan oleh KI NGABEI SOERO DIWIRJO yang diawali dengan berdirinya sedulur tunggalkecer pada tahun 1903 dikampung Tambak Gringsing,KI NGABEI SOERO DIWIRJO pada masakecilnya bernama MAS DHAN lahir Sabtu pahing 1869(tidak diketahui tanggal dan bulan).Beliau keturunan bupati gresik,ayahnya bernama KI NGABEI SOERO MIHARJO mantri cacardaerah Ngimbang Jombang,dan berikut saudara-saudaranya beliau:1.
Mas Dhan/KI Ngabei Soero Diwirjo2.
Noto/Gunadi tinggal di Surabaya3.
Suradi/Adi tinggal di Aceh4.
Wongso Harjo tinggal di Madiun5.
Karto Diwirjo tinggal di JombangSaudara laki-laki ayahnya bernama KI Ngabei Soero Amiprojo sebagai Wedono di Wonokromo Surabaya,saudara sepupunya adalah Raden Mas Kusumo Dinoto sebagai bupati Kediri.Seluruh keluarga ini keturunan dari Bethro Kathong di Ponorogo,putra raja Brawijaya diMojopahit.Tahun 1884 beliau berumur 15th dan magang menjadi juru tulis sebagai Kontrolir diJombang,sambil belajar dan mengajar ngaji beliau belajar pencak silat yang merupakan dasarkegemaran beliau untuk memperdalam pencak silat dari pendekar-pendekar periangan,adapun jurus-jurus yang di peroleh yaitu:-
Cimande-
Cikalong-
Cipete-
Cibedhuyut-
Cimalaya-
Ciampas-
Sumedangan
 Pada tahun 1886 beliau pindah ke Betawi dan bekerja di kantor Kontrolir Jakarta dan sekaligusmemperdalam pencak silat disana dan mendapatkan jurus-jurus:-
Betawen-
Kwitang-
Monyetan-
Permainan toya Tahun 1887 beliau pindah pekerjaan di kantor Kontrolir Padang,beliau berguru pada Datuk RajaBaduo di Ampengale kecamatan Pauh kota Padang,setelah Datuk Raja Baduo meninggal digantiadiknya yaitu Datuk Baduo.KI Ngabei Soero Diwirjo belajar selama 10 thn dan mendapat jurus-
Bungus-
Sport de kock-
Alang Lawas-
Klinto-
Alang Lipe-
SterlakSebagai tanda lulus beliau mempersembahkan pakaian hitam-hitam komplit pada gurunya.Di Padang beliau bertemu dengan Nyoman Ida Gempol,orang bali yang dibuang Belanda kePadang,beliau berguru ilmu kebatinan yang ilmunya menjiwai KI Ngabei Soero Diwirjo dalamsetia hati.Tahun 1897 beliau kawin dengan gadis di daerah Padang,pada tahun 1898 beliau danistrinya pindah ke Aceh bersama adiknya untuk belajar pencak silat pada Tengku AchmadIbrahim dan beliau memdapat jurus-jurus:-
Langsa-
Simpangan-
Kucingan-
Ginjai-
Taruntung
 Salah seorang guru beliau yang bernama Nyoman Ida Gempol memiliki motto dan ilmunyayang dapat dimiliki saudara-saudara SH yaitu
gerak lahir luluh dengan gerak batin,gerak batin tercermin oleh gerak lahir. Pada tahun 1900 beliau pindah ke Jakartamasinis stumbals lalu pindah ke bandung danmenceraikan istrinya yang dari padang.Tahun 1902 beliau pulang ke Surabaya dan bekerja sebagai Polisi Dinnar hinggamencapai pangkat sersan mayor.Di Surabaya beliau dikenal keberaniannya karena seringnyaberkelahi dengan pelaut-pelaut asing.Tahun 1903 beliau mendirikan pencak silat dengan nama JOYO GENDILO C.M dikampong Gringsing dengan hanya 8 orang siswa yang didahului oleh 2 orang saudara yaituNoto/Gunadi(adiknya sendiri) dan Kenevel(orang belanda)Tahun 1905 perkawinan yang kedua dengan ibu Sariati dengan 5 orang anak tapisemuanya meninggal dunia pada waktu keciTahun 1912 beliau berhenti sebagai polisi dan tahun 1917 beliau bekerja di DKA diSurabaya,lalu dipindahkan ke DKA Madiun dan beliau tinggal menetap di Winongo Madiun dania pun tetap aktif melatih pencak silat.Sejak itu di Madiun ada pasar malam,siswa JOYO GENDILO CIPTO MULYO berdemonstarsi dialun-alun dan banyak orang-orang yang kagum,akhirnya pun populer dan siswanya menjadibanyak.Atas usul dari saudara Osvia dan Mulo nama JOYO GENDILO CIPTO MULYO digantimenjadi SETIA HATI.Beliau menyetujui dan memang lebih serasi dengan tujuankekeluargaan,keluhuran budi dan kautaman.Tahun 1933 beliau pensiun.Tahun 1944 beliau wafat di Winongo Madiun tepatnya hari Jum’at Legi 10 November1944 dalam usia 75th. Pada pukul 14.oo wib.Beliau meninggalkan wasiat supaya pekarangannya di Wakafkan kepada SH dan selama Bu.Soero masih hidup tetap menetap disana menikmati pension beliau almarhum.Almarhum dimakamkan di Desa Winongo madiun dengan batu Nissangeranit dan di kelilingi bunga melati.
SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA PSHT
PSHT
didirikan oleh KI Hajar Harjo utomo di desa Pilangbangan Madiun,beliaumerupakan perintis kemerdekaan Republik Indonesia.Tahun 1905 beliau lulus dari sekolah Rakyat atau kelas dua(HIS),terus magang sebagaiGuru di Bateng Madiun,tidak cocok bakatnya lalu pindah kerja di SS (PJKA) sebagai leeringbempte di Bondowoso,Panarukan dan Tapen.Sikap beliau terlalu berani pada atasan lalumeninggalkan pekerjaan dan pulang ke Madiun.Tahun 1916 beliau kawin dan bekerja di pabrik Gula Redjo Agung Madiun.Tahun 1917 beliau keluar dari pabrik gula dan menunggu panggilan kerja di RumahGadai selama 1th,sambil menunggu panggilan tersebut beliau kerja harian di stasiun KAMadiun dan beliaupun mendirikan perkumpulanHARTA JAYA yang bertujuan memberantasrentenir.Pada tahun inilah beliau nyantrik pada KI Ngabei Soero Diwirjo menjadi orang yang disayang oleh KI Ngabei Soero Diwirjo.Tahun 1922 beliau mendirikan pencak silat SH di Pilangangau Madiun dengan namaPENCAK SPORT CLUB dengan dasar keberanian untuk melawan penjajah Belanda dan beliaukeliling di Daerah Kediri,Nganjuk,Kertosono,Lamungan,Jombang dan solo.Dengan kegiatan tersebut beliau sering keluar masuk tahanan karena sering ditangkap Belandadengan tuduhan SH Pilangbangau dicurigai sebagai tempat berkumpulnya para PatriotIndonesia untuk melawan Belanda.Tempat-tempat latihan SH juga sering dibub arkan plehbrlanda,sehingga latihannya sering juga berpindah-pindah tempat.Lalu untuk mengelabuhiBelanda nama SH diganti dengan nama PSC (Pemuda Sport Club),akhirnya saat itu beliauditangkap lagi oleh belanda dan ditahan di Madiun dan dibebaskan pada tahun 1925,dan saatdibebaskan dari tahanan putrinya yang bernama Harsani meninggal dunia dengan umur 1,6th. Tahun 1926 beliau ditangkap belanda lagi ,saat itu ibu Harjo Utomo sedangmengandung,karena didalam penjara Madiun ada pemberontakan dan beliau pun ikut terlibathal tersebut sehingga tahanannya ditambah 5th lalu dipindahka ke Buih Cipinang Jakarta selama2bln dan dipindahkan lagi ke Buih Pandangpanjang Sumatera.
Tahun 1932 beliau pulang dari pembuangan dalam penderitaan keluarga,akhirnya beliau tidakmengajarkan pencak silat lagi secara keliling dan hanya mengajar di PilangbangauMadiun.Adapun penghidupannya selalu tidak tetap dan beliau juga pernah ditolong oleh untukmenjadi Redaktur harian dan sebagai Okrol/Pengacara.Tahun 1942 pada masa pendudukan Jepang atas usul saudara SH PSC yaitu sdr.SuratnoSurengpati nama PSC diganti dengan nama PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE sampaisekarang dengan dasar tanpa organisasi atau dengan dasar PERSAUDARAAN.Tahun 1948 ats usul sdr.Soetomo Mangku Joyo,Jendro Harsono dan Sausara Soemadididakan konverensi PSHT di Pilangbangau dirumah sdr.Hardjo Utomo dengan hasil bahwa PSHTdiorganisasikan secara formal dengan pengurus:Ketua pusat : Sdr.Soetomo Mangku JoyoWakil ketua : Sdr.Jendro HarsonoSekretaris : Sdr.SoemadjiTahun 1950 Sdr.Mangku Joyo pindah ke Surabaya dan Jendro Harsono pindah ke Kediriakhirnya pimpinan pusat dipegang oleh Sdr.Ersad,sekertarisnya Bambang soedarsono.akhirnyapada tahun 1952 KI Hajar Harjo Utomo meninggal dunia karena penyakit darah tinggi.Jadi PSHT didirikan pada tahun 1922 di Madiun sebagai pusat organisasinya dan lebihterorganisir dengan adanya cabang-cabang maupun ranting-ranting.Ketua-ketua PSHT:1.
Sutomo Mangku joyo tahun 1948-19502.
Irsad tahun 1950-19743.
RM Imam Kusupangat tahun 1974-19774.
Badini tahun 1977-19815.
Drs.Tarmaji Budiharsono tahun 1977-sekarang
DASAR DAN AZAS PSHT
1. PSHT berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 negara RI
2.PSHT berazaskan persaudaraan atau kekeluargaan yangkekal,keolahragaan,kesenian,beladiri dan kerohanian
3.PSHT tidak berafiliasi/memihak pada aliran politik manapunIlmu dalam PSHT merupakan sumber pondasi daripada cara berfikir,tindak-tanduk danpengambilan suatu keputusan dari suatu permasalahan .Maka dari itu PSHT bisa guyub rukunyang kekal abadi sehingga ada kaitannya juga dengan langgengnya PSHT yaitu dalampersaudaraan harus ada saling pengertian,saling sayang menyayangi dan saling tanggung jawab.Dengan adanya hal-hal tersebut maka persaudaraan yang dijalin dalam organisasi pencaksilat PSHT bisa abadi selama-lamanya.Sedangkan ilmu yang diajarkan dalam PSHT yang utamayaitu ilmu Setia Hati,yaitu ilmu untuk mengenal diri pribadi sebaik-baiknya,karena warga yangsudah bisa mengenal dirinya sendiri maka ia tidak sulit untuk mengenal diri pribadi oranglain,bila bisa menasehati diri sendiri maka ia tidak sulit untuk menasehati orang lain dan bila iabisa memimpin diri sendiri maka ia tidak sulit untuk memimpin orang lain.
AZAS KEPEMIMPINAN
 Azas kepemimpinan yang baik adalah:
Kepemimpinan yang mengandung kebenaran fundamental yang digali darikepribadian/kebudayaan bangsanya.Oleh sebab itu azas kepemimpinan di Indonesia haruslah berlandaskan falsafah bangsaIndonesia yaitu Pancasila.Dan organisasi pencak silat PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE jugamemiliki dasar atau landasan Pancasila.Manifestasi kepemimpinan Pancasila dijabarkan dalam 11 asasi,yaitu:
1.Taqwa:Bertaqwa kepada Tuhan YME dengan sesungguhnya sehingga ikhlas dalammenjalani perintah dan laranganNYA.
2.Ing Ngarso Sung Tulodho:Seorang pemimpin harus berdiri didepan dan bisa memberikan contoh suritauladan yang baik,menjauhkan diri dari perilaku yang tidak hormat.
3.Ing Madyo Mangun Karso:Seorang pemimpin harus mampu menggugah semangad anak buahnya melaluihubungan dan dialog yang akrab,kekeluargaan,terbuka,obyektif dan salingpengertian.
4.Tut Wuri Handayani:Snangeorang pemimpin harus mampu member dorongan pada anak buahnya agartidak sewenang-wenang dan agar berprestasi.
5.Waspodho Purbawasesa:Seorang pemimpin harus selalu waspada serata sanggup dan berani memberikankoreksi yang benar pada anak buahnya dan selalu mencegah pengaruh-pengaruhnegatif yang dapat merusak mental dan moral maupun disiplin anggota.
6.Ambek Parumarto:Seorang pemimpin harus dapat memjlih dengan tepat manaYang harus dilakukan yaqn bisa mendapat prioritas dalam melqksanakan dalamprogram kerjanya.
7.Prasojo:Seorang pemimpin harus memiliki perilaku yang lebih baik,kreatif dalam berpikirdan mampu menangani segala permasalahan yang ditangani.
8.Setia:Seorang pemimpin harus mempunyai sikap yang loyal/rela demi bawahan danorganisasi.
9.Gemi Nastiti:Seorang pemimpin harus dapat membatsi pengeluaran dan penggunaan keuanganorganisasi(Hemat)
10.Bloko:Seorang pemimpin harus memiliki kerelaan,berani tanggung jawab,beranimengakui kesalahan dan memjiliki watak setia tidak menutupi suatu kekuranganapapun.
11.LegowoMemiliki kerelaan atau keikhlasan saat menyerahkan tanggung jawab paqdagenerasi berikutnya
ARTI LAMBANG PSHT
1.Segi empat: 4 kiblat 5 pancer yang dimiliki manusia yaitu cipta/dayapikir,rasa/perasaan,karsa/kemauan,jiwa/rokhani dan raga/jasmani.
2.Dasar warna hitam:Melambangkan kekal abadi,yaitu persaudaraan yang dijalin setiap anggota PSHT selalukekal dan abadi selama-lamanya(bagaikan saudara sekndung sendiri)
3.Hati putih berbatas warnaa merah:Hati melambangkan cinta kasih,putih melambangakn kesucian,batas merahmelambangkan kebaranian.Artinya cinta kasih yang diberikan warga PSHT bersifat tulus ikhlas tapi ada batasnya.
4.Sinar putih yang memancar dari hati:
a.Melambangkan jalannya hukum karma.yaitu hukum gaib dari Tuhan yang berlaku dalalam tata kehidupan manusia yangterjadi secara adil dan tidak memihak.Dalam berpakarti dan berkarya hendaknya selalu ingat bahwa segala sesuatu itu adabuah dari pakarti dan karya tsbt,ibaratnya nandur telo tukul telo nandur pari tukulpari.
b.Melambangkan pancaran cinta kasih.Artinya yaitu warga PSHT harus sanggup memmberikan cinta kasih atau perwujudankepada segenap umat Tuhan tanpa mengharp imbalan apapun.
c.Melambangkan sinar terang.Artinya yaitu warga PSHT harus sanggup menciptakan suasana bahagia dansejahtera lahir batin terhadap lingkungan dimana ia berada.
5.Bunga terate.
a.Melambangkan bunga yang indah dan megah.Artinya yaitu warga PSHT harus simpatik dan berwibawa.
b.Melambangkan ketahanan hidup dimana saja,walaupun tinggal satu biji tetapbertunas dan hidup.Artinya yaitu PSHT diharapkan mampu berdiri dan berkembang dimana saja danwarga PSHT harus mempunyai sikap hidup yang dinamis,mampu menyesuaikan padalingkungan tanpa terpengaruh lingkungan yang kurang baik.
6.Bunga terate terdiri dari kuncup,setengah mekar dan mekar.Artinya yaitu Walaupun warga PSHT terdiri dari berbagai macam lapisanmasyarakat,dari lapisan terendah hingga lapisan yang paling tinggi,namun semuanyasaudara yang sederajat tanapa membedakan suku,agama,golongan-politik,kekayaan,kepandaian dan sebagainya.
7.Pita tegak berwarna merah diatas warna putih.Melambangkan keberanian atas dasar kebenaran.Artinya yaitu Warga PSHT diharapkan menjadi manusia pemberani atas dasarkebenaran,dengan semboyan berani karena benar takut karena salah.
8.Senjata.Selemah-lemahnya makhluk hidup pasti memiliki alat untuk melindungi diri,jadi senjatamerupakan alat untuk membela diri dan.
9.Tulisan PERSAUDARAAN.Artinya yaitu didalam membina anggotanya,PSHT mengutamakan kekalnya talipersaudaraan dan pencak silat hanyalah sebagai sarana saja.
10.Tulisan SETIA HATI.Artinya yaitu warga PSHT diharapkan selalu setia pada hatinya sendiri dan percaya pulapada dirinya sendiri.
11.Tulisan TERATE.Artinya dapat diambil dari bunga terate.
PANCA DASAR PERSAUDARAAN SETIAHATI TERATE
Panca dasar persaudaraan setia hati iterate meliputi:
1.Persaudaraan
2.Olahraga
3.Beladiri
4.Kesenian
5.Kerohanian/ke SH an
1.Persaudaraan adalah suatu hubungan batin antar manusia dengan manusia yang sfatnyaseperti saudara kandung sendiri,dalam PSHT juga lebih dikenal dengan hubungan batinantara warga dengan warga,warga dengan siswa,siswa dengan siswa yang kekal abadidan semua dianggap seprti saudara kandung sendiri.Wujud persaudaraan ada dua(2) yaitu berjabat tangan dan sambung.
2.Olahraga adalah mengolah raga atau tubuh dengan gerakan-gerakan pencak silat yangdiajarkan dalam PSHT.
3.Kesenian yaitu keindahan,Kesenian dalam pencak silat dapat berbentuk permainantunggal ganda atau massal.
4.Beladiri yaitu membela diri yang dapat diwujudkan seperti pencak silat yang digunakanuntuk melayani bila keadaan memaksa atau bila benar-benar diperlukan dan beladiribukan digunakan untuk melawan seseorang.
5.Kerohanian/ke SH an yaitu sumber azas Tuhan YME untuk mendapat budi luhur gunakesempurnaan hidup
ARTI WARNA SABUK/BAN/IKAT PINGGANG
1.Hitam/polos (tidak tau apa-apa)Warna ban pada tingkat awal sebagai siswa PSHT ini sesungguhnya tidak ada atau btidakberwarna karena polos mengandung pengertian suatu keadaan yang masih lugu,kosongatau gelap.Pada tingkat polos siswa belum tau apa-apa tentang ilmu PSHT walaupunsebelum menjadi siswa PSHT sudah pernah mengikuti perguruan silat lain.
2.JambonBila warna merah melambangkan keberanian maka warna jambon atau merah muda juga berarti keberanian tapi penuh dengan perhitungan.Jadi dalam menghadapi danmenyelesaikan suatu masalah,siswa tingkat jambon diharapkan memilki keberanianyang memiliki perhitungan,tidak asal berani begitu saja karena keberanian tanpaperhitungan akan mengakibatkan kegagalan dalam penyelesaiannya.
3.HijauWarna hijau melambangkan suatu harapan,jadi siswa tingkat hijau dapat dikatakansudah memiliki harapan untuk disahkan menjadi warga PSHT mengingat peajaran yangdiperoleh mencapai jurus 20.Berdasarkan pertimbagan tertentu dari pengurus cabang,siswa tingkat hijau dapatdijinkan untuk mengikuti pengesaan dengan catatan setelah disahkan wajib menjadiasisten pelatih dan meneruskan pelajarannya sampai tuntas.
4.PutihWarna putih melabangkan kesucian atau keberanian,siswa tingkat putih diharapkansudah mulai mempersiapkan diri menjadi warga PSHT dengan jalan menjagasikap,tingkah laku,kata-kata maupun perbuatan pada hal-hal yang berfifatbaik,putih,suci atau bersih agar nantinya berhasil disahkan menjadi warga PSHT tanpaaral melintang.
ARTI PEMBUKAAN PSHT
Gerakan pembukaan dalam PSHT merupakan awal persiapan sambung atau menhadapilawan dimana dalam setiap gerak mengandung arti yag harus dipahami yaitu :
1.Sikap berdiri tegak seperti huruf alif,kedua telapak tangan merapat,kedua jarimenempel ulu hati dan jemari mengarah keatas.-Percaya dan takwa pada Tuhan YME-Menyatukan diri kepada Tuhan YME,dimaksudkan sebagai permohonan kekuatandan perlindungan kepada Tuhan YME-Sikap pasrah atau berserah diri pada Tuhan YME
2.Kaki kanan digeser kesamping sekitar 15 derajat,telunjuk dan jari tengah kanandisatukan (senam 26)-Dalam pencak silat jari yang paling sering diginakan adalah jari telunjuk dan tengah-Sikap tidak memancing masalah dan yakin bahwa pada hakekatnya didunia initerdapat dua hukum kehidupan,ada siang ada malam,ada kalah ada menang dsb.
3.Telunjuk dan jari tengah kanan menyentuh tanah,jongkok dengan kaki kananmelindungi kemaluan dan pandangan kedepn menatap lawan.-Sikap dan yakin bahwa salah satu unsur kehidupan kita adalah tanah/bumi atausering disebut ibu Pertiwi.
4.Telunjuk dan jari tengah kanan diarahkan keudara.-Sikap yakin dan sadar bahwa salah satu unsur kehidupan kita adalah udara atauyang sering disebut dengan bapa angkasa.
5.Telunjuk dan jari tengah kanan ditempelkan peipis kanan.-Sikap percaya pada diri sendiri.
6.Jemari tangan kanan mengepal dan dipukulkan dengan diikuti pandangan mata ke-arah lawan.-Sikap yakin dan percaya bahwa lawan bisasa dikahkan atau segala permasalahanbisa diselesaikanTangan kiri disikutkan ke depan (menagkis) bersamaan memindahkan berat badandari kaki kanan ke kaki kiri,memutar badan setengah lingkaran.-Sikap mengantisipasi (siap menghadapi) serangan lawan.-Setelah berhasiil menhyelesaikan permasalahan maka kita harus segera menutuppermaslahan itu lebih dulu dan kemudian melngkah pada permasalahan yanglainnya.
7.Selanjutnya gerakan kiri sama dengan gerakan kanan dari gerakan 2 sampai 6.
8.Kembali ke sikap semula.Catatan :-Sebelum memulai gerakan pembukaan diawali dengan jabat tangan,karena kitatetap bersaudara walaupun akan mencoba keahlian masing-masing dalam sambung.Ibarat tego lorone ora tego patine.-Apabila kita tidak sempat melakukan pembukaan,cukup berdiri tegak sepertigerakan 1
TUJUAN PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE
Tujuan PSHT adalah membentuk manusia berbudi luhur tahu benar dan salahberdasarkan ke-SH an,yaitu :
1.Takwa kepada Tuhan YME.
2.Pemberani tidak takut mati.
3.Soal kecil remeh mengalah,soal besar/prinsip baru berpikir dan bertindak.
4.Sederhana.
5.Ikut memayu hayuning bawono.
Keterangan
Manusia yang berbudi luhur adalah manusia yang isa membedakan mana yang benar dan salah.Serta tidak hanya memikirkan diri sendiri(lebih mementingkan kepentingan umumdari pada kepentingan pribadi).Namun bila seseorang dapat membedakan mana yang benar dan yang salah,tidak salah jika iaberkumpul dengan orang-orang yang berbuat salah,karena seseorang tersebut tidak akanmengikuti perbuatannya yang salah.Seseorang yang berbudi luhur pastilah memiliki jiwa SH,yaitu setiapada hatinya sendiridan selalu meyakini bahwa kekuatan tertinggi itu ada di tangan Tuhan.
1.Takwa kepada Tuhan YMESebagai Insan pancasila,anggota PSHT dituntut memiliki iman yang mendalam kepadaTuhan YME.Ketakwaan yang dilandasi ke imanan akan ke Esaan Tuhan yang dibarkanoleh hati diucapkan oleh lidah dan diwujudkan dalam amal perbuatan yang baik danbenar.
2.Pemberani dan tidak takut matiBerani adalah suatu tingkatan mental yang mengakui adanya ketakutan ataukekhawatiran terhadap kemunginan-kemungkinan timbulnya bahaya,kegagalan ataucelaan.Dan bila mental seseorang seperti itu pasti akan lebih matang dalam melakukansuatu tindakan Takut adalah suatu sikap mental yang kurang memiliki ke imanan dan ketakwaanterhadap Tuhan,karena jika seseorang telah benar-benar ber iman dan bertakwa kepadaTuhan YME maka segala perbuatan kita pasti akan mantap dan jauh dari rsa takut.Untuk melatih keberanian perlu kita pelajari dan pahami rasa takut,dan raea takut itusendiri ada 4 macam,yaitu :
1.Takut salah,yaitu suatu rasa takut apabila perbuatannya menimbulkankesalahan.
2.Takut malu
3.Takut salah
4.Takut matiKe 4 rasa takut tersebut merupakan rasa takut yang sering timbul pada setiap dirimanusia,namun rasa takut seperti itu harus kita lawan dan ditiadakan dari diri kita.
3.Soal kecil remeh mengalah,soal besar atau perinsip baru berpkir dan bertindak.Di dalam menghadapi segala suatu permasalahan,anggota PSHT diharapkan selalumenunjukkan kebesaran hatinya dengan meniliti dan memisahkan suatu permasaahantersebut termasuk msalah yang kecil atau besar.Masalah prinsip adalah suatu masalah yang berkaitan dengan Agama,Nusabangsa,Pancasila,kehormatan dan keselamatan hidup.
4.SederhanaYang dimaksudkan sederhana disini yaitu sederahana dalam perwujudan sikap dantingkah laku yang sesuai dengan keadaan dimana dimana kita berada atau tidakberlebihan,seperti pepatah mengatakan ojo sok golek wah amargo iso tambah owah
 5.Memayu hayuning bawonoArtinya adalah suatu sikap untuk menciptakan suasana kebahagyaan yang disertakandan diwujudkan dengan pengamalan ilmu
PEDOMAN PSHT
Dalam PSHT juga memiliki beberapa pedoman ataupun sanepan(jika berbahsa jawa),itu adalahkata-kata bijak yang mengandung arti penting,diantaranya yaitu :
1.Cilik ora kurang bakal gede ora turah bakal,waton keno dak ingeti ora ilang tak kedhepiisih ujud manungso jalok opo bakal tag ladeni.
2.Sepiro gedhene sengsoro yen tinompo aung dadi cobo
3.Nandur pari tukul pari,nandur telo tukul telo utowo nandur becik tukul becik nandur olotukul olo
.4.Menunda pekerjaan berarti memperpanjang pekerjaan.
5.Wong linuweh iku kudu biso ngepek ati lan ngepenakake liyan.
6.Wong kang ora gelem ngudi kabecikan iku prasat setan.
7.Ojo pisan-pisan nyacat dening liyan,amarga ora ono wong kang tanpo cacat.
8.Wong golek iku yen wes oleh weweh,yen wes weweh ngengeh.
9.Sing sopo menang sa wenang-wennag ora bajal lestari anggone menang,nanging yenkalah ora ngakoni kalah bakal lestari anggone kalah.
10.Guno lan topo iseh kalah marang wong kang sabar lan narimo.
11.Suro diri joyo ningrat lebur dening pangestuti.
12.Sopo suci bakal adoh beboyo pati,sopo kakean milik bakal kaliren wekasane.
13.Orang itu tidak akan berhasil dalam segala hal tanpa didahului disiplin.
14.Orang bodoh itu bisa dipintarkan,tapi jika males sukar untuk diajak maju.
15.Ojo seneng gawe gendro jalaran gawe gendro iku sipating demit.
16.Yen siro dibeciki dening liyan tulisen ing watu supoyo ora ilang lan tansah kelingan,yensiro gawe kabecikan tulisen ing lemah ben ilang lan tansah ora kelingan.
17.Tingginya ilmu seseorang bukan jaminan suatu kemenangan,tingginya keberanian pun juga bukan jaminan suatu kemenangan,tapi dari rangkaian keberanian,tingginyailmu,ketabahan dan taktik lah yang bakal menentukan.
18.Orang menangis dalam kebahagiaan itu banyak tapi orang yang terawa dalampenderitaan itu tidak banyak,maka dari itu siapa yang bisa menyelesaikanpenderitaannya dengan senang hati adalah orang hebat.
PENGEMBANGAN ILMU
Sebagai anggota PSHT kita harus mampu menerapkan berbagai macam ilmuyang sederhana saja namun banyak akan manfaatnya,diantara ilmu tersebut yaitu ilmupadi yaitu semakin merunduk semakin berisi.Orang yang ilmunya tinggi orang itu pastibersikap andap asor,sopan santun,rendah hati dan tidak sombong.Namun jika orang yang ilmunya rendah kebanyakan orang itu bersikap adigang adigungadiguno atau istilah jawanya mentheng kelek,ibaratnya padi kalau semakin brisi semakinmerunduk dan jika tidak berisi semakin berdiri tegak.Adapun ilmu yang bermanfaat dalam hidup ini adalah ilmunya suanan Kali jagayaitu menutup kali songo yang ada dalam diri kita,artiya merawat dan memeliharasebaik mungkin Sembilan lubang pada tubuh kita ini dan menghindarkannya dari segalakegiatan yang menuju kemaksiatan.Dan yang lebih penting lagi yaitu janganlah kita sekali-kali berbuat kemaksiatanatau melanggar perintah Allah swt,karena segala macam yang ada di dunia ini hanyaAllah yang Kuasa atas apapun.Maka dari itu marilah kita selalu berjalan dijalan yangtelah ditunjukkan Allah swt,yaitu menuju jalan yang lurus dengan menjalani perintahnyadan menjauhi larangannya.
WARGA
Warga berasal dari kata :
1.Wani amarga: Dalam membela kebenaran.
2.Wedi amrga: Melakukan kesalahan.
3.Wibowo amarga: Perkataan dan kelakuanBila menjadi warga hendaklah mampu mengamalkan apa yang telah diajarkan dalam PSHTyang sesuai dengan ke SH an,setidaknya bila menjadi seorang warga hendaklah membelakebenaran dan takut berbuat dosa.Menjadi seorang warga tidak perlu menyombongkan dengan apa yang telah didapatkannya,krnPSHT tidak pernah mengajarkan hal seperri itu dan belum tentu seorang yang telah menjadiwarga bisa mengalahkan segala sesuatu karena diatas langit masih ada langit.Dalam PSHT seseorang yang lemah bisa menjdi kuat bila ia peercaya kemampuan dantindakannya sesuai dengan ketentuan dan atas ridlo Allah swt,Karena hanya Allah sangpenguasa seluruh alam semesta.Seorang yang lemah belum tentu memliki sifat yang baik,memang orang yang lemah itukelihatan seperti orang yang baik yaitu tiudak suka melihat kekerasan dan terkadang sukamengalah walaupun pada soal yang prinsip.Sebenarnya orang yang lemah jiwanya tidak berani berbuat sesuatu seperti halnya orang yangberjiwa baik/kuat hatinya karena seorang yang berjiwa kuat akan bertindak/berbuwat lemahlembut.Seperti halnya dalam mengatasi suatu masakh yang sepele/remeh ia selalu mengalahdan bila dalam masalah yang prinsip/besar ia mampu dan berani memngatasi masalah tersebutskaluipun menaruhkan jiwa raganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar