SEJARAH PENCAK SILAT
Pencak silat adalah seni bela diri asli Indonesia
yang berabad-abad umurnya dandiwariskan secara turun-temurun dari
generasi satu kegenerasi berikutnya.Menurut prof.Dr.Purbo Caroko dalam
bukunya dituliskan bahwa Pencak Silat diteropongdari sudut kebangsaan
Indonesia,wongso Negoro juga menuliskan dalam buku bahwa PencakSilat
adalah gerak serang dan bela diri yang berupa tari yang berirama dengan
peraturan adatkesopanan tertentu yang biasanya untuk pertunjukan
umum,adapun ciri-ciri gerakan pencaksilat Indonesia yaitu:
1. Bersifat lentur,halus dan lemas tapi tetap menggunakan tenaga pada saat-saattertentu.
2. Tidak membutuhkan banyak ruang.
3. Lebih mengutaamakan mengelak,memeindahkan serangan lawan dan menguncidari pada membenturkan tenaga.
4. Banyak mnggunakan tenaga lawan dengan memanfaatkan keseimbangan lawan.
5. sikap tangan selalu dekat dengan badab,kecuali saat melakukan penyerangan.
6. Tendangan tidak terlalu tinggi dan tidak banyak menggunakan permainan tengahataupun bawah.
7. Dalam melakukan serangan/tangkisan tidak banyak suara.
8. Banyak tian ringan dalam melangkah.
9. Sikap selalu tenang dan santai tetapi tetap waspada.
10. Menggunakan kecepatan,ketepatan dan kelincahan.Meskipun ada
ciri-ciri umum yang disebutkan diatas setiap daerah mempunyai
ciri-cirikhusus yang disebabkan oleh pengaruh budaya,keadaan
wilayah,kepribadian dan pendidikansetempat
SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SETIA HATI
SH
didirikan oleh KI NGABEI SOERO DIWIRJO yang diawali dengan berdirinya
sedulur tunggalkecer pada tahun 1903 dikampung Tambak Gringsing,KI
NGABEI SOERO DIWIRJO pada masakecilnya bernama MAS DHAN lahir Sabtu
pahing 1869(tidak diketahui tanggal dan bulan).Beliau keturunan bupati
gresik,ayahnya bernama KI NGABEI SOERO MIHARJO mantri cacardaerah
Ngimbang Jombang,dan berikut saudara-saudaranya beliau:1.
Mas Dhan/KI Ngabei Soero Diwirjo2.
Noto/Gunadi tinggal di Surabaya3.
Suradi/Adi tinggal di Aceh4.
Wongso Harjo tinggal di Madiun5.
Karto
Diwirjo tinggal di JombangSaudara laki-laki ayahnya bernama KI Ngabei
Soero Amiprojo sebagai Wedono di Wonokromo Surabaya,saudara sepupunya
adalah Raden Mas Kusumo Dinoto sebagai bupati Kediri.Seluruh keluarga
ini keturunan dari Bethro Kathong di Ponorogo,putra raja Brawijaya
diMojopahit.Tahun 1884 beliau berumur 15th dan magang menjadi juru tulis
sebagai Kontrolir diJombang,sambil belajar dan mengajar ngaji beliau
belajar pencak silat yang merupakan dasarkegemaran beliau untuk
memperdalam pencak silat dari pendekar-pendekar
periangan,adapun jurus-jurus yang di peroleh yaitu:-
Cimande-
Cikalong-
Cipete-
Cibedhuyut-
Cimalaya-
Ciampas-
Sumedangan
Pada tahun 1886 beliau pindah ke Betawi dan bekerja di kantor Kontrolir Jakarta dan sekaligusmemperdalam pencak silat disana dan mendapatkan jurus-jurus:-
Betawen-
Kwitang-
Monyetan-
Permainan
toya Tahun 1887 beliau pindah pekerjaan di kantor Kontrolir
Padang,beliau berguru pada Datuk RajaBaduo di Ampengale kecamatan Pauh
kota Padang,setelah Datuk Raja Baduo meninggal digantiadiknya yaitu
Datuk Baduo.KI Ngabei Soero Diwirjo belajar selama 10 thn dan mendapat
jurus-
Bungus-
Sport de kock-
Alang Lawas-
Klinto-
Alang Lipe-
SterlakSebagai
tanda lulus beliau mempersembahkan pakaian hitam-hitam komplit pada
gurunya.Di Padang beliau bertemu dengan Nyoman Ida Gempol,orang bali
yang dibuang Belanda kePadang,beliau berguru ilmu kebatinan yang ilmunya
menjiwai KI Ngabei Soero Diwirjo dalamsetia hati.Tahun 1897 beliau
kawin dengan gadis di daerah Padang,pada tahun 1898 beliau danistrinya
pindah ke Aceh bersama adiknya untuk belajar pencak silat pada Tengku
AchmadIbrahim dan beliau memdapat jurus-jurus:-
Langsa-
Simpangan-
Kucingan-
Ginjai-
Taruntung
Salah
seorang guru beliau yang bernama Nyoman Ida Gempol memiliki motto dan
ilmunyayang dapat dimiliki saudara-saudara SH yaitu
gerak
lahir luluh dengan gerak batin,gerak batin tercermin oleh gerak lahir.
Pada tahun 1900 beliau pindah ke Jakartamasinis stumbals lalu pindah ke
bandung danmenceraikan istrinya yang dari padang.Tahun 1902 beliau
pulang ke Surabaya dan bekerja sebagai Polisi Dinnar hinggamencapai
pangkat sersan mayor.Di Surabaya beliau dikenal keberaniannya karena
seringnyaberkelahi dengan pelaut-pelaut asing.Tahun 1903 beliau
mendirikan pencak silat dengan nama JOYO GENDILO C.M dikampong Gringsing
dengan hanya 8 orang siswa yang didahului oleh 2 orang saudara
yaituNoto/Gunadi(adiknya sendiri) dan Kenevel(orang belanda)Tahun 1905
perkawinan yang kedua dengan ibu Sariati dengan 5 orang anak
tapisemuanya meninggal dunia pada waktu keciTahun 1912 beliau berhenti
sebagai polisi dan tahun 1917 beliau bekerja di DKA diSurabaya,lalu
dipindahkan ke DKA Madiun dan beliau tinggal menetap di Winongo Madiun
dania pun tetap aktif melatih pencak silat.Sejak itu di Madiun ada pasar
malam,siswa JOYO GENDILO CIPTO MULYO berdemonstarsi dialun-alun dan
banyak orang-orang yang kagum,akhirnya pun populer dan siswanya
menjadibanyak.Atas usul dari saudara Osvia dan Mulo nama JOYO GENDILO
CIPTO MULYO digantimenjadi SETIA HATI.Beliau menyetujui dan memang lebih
serasi dengan tujuankekeluargaan,keluhuran budi dan kautaman.Tahun 1933
beliau pensiun.Tahun 1944 beliau wafat di Winongo Madiun tepatnya hari
Jum’at Legi 10 November1944 dalam usia 75th. Pada pukul 14.oo wib.Beliau
meninggalkan wasiat supaya pekarangannya di Wakafkan kepada SH dan
selama Bu.Soero masih hidup tetap menetap disana menikmati pension
beliau almarhum.Almarhum dimakamkan di Desa Winongo madiun dengan batu
Nissangeranit dan di kelilingi bunga melati.
SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA PSHT
PSHT
didirikan
oleh KI Hajar Harjo utomo di desa Pilangbangan Madiun,beliaumerupakan
perintis kemerdekaan Republik Indonesia.Tahun 1905 beliau lulus dari
sekolah Rakyat atau kelas dua(HIS),terus magang sebagaiGuru di Bateng
Madiun,tidak cocok bakatnya lalu pindah kerja di SS (PJKA) sebagai
leeringbempte di Bondowoso,Panarukan dan Tapen.Sikap beliau terlalu
berani pada atasan lalumeninggalkan pekerjaan dan pulang ke Madiun.Tahun
1916 beliau kawin dan bekerja di pabrik Gula Redjo Agung Madiun.Tahun
1917 beliau keluar dari pabrik gula dan menunggu panggilan kerja di
RumahGadai selama 1th,sambil menunggu panggilan tersebut beliau kerja
harian di stasiun KAMadiun dan beliaupun mendirikan perkumpulanHARTA
JAYA yang bertujuan memberantasrentenir.Pada tahun inilah beliau
nyantrik pada KI Ngabei Soero Diwirjo menjadi orang yang disayang oleh
KI Ngabei Soero Diwirjo.Tahun 1922 beliau mendirikan pencak silat SH di
Pilangangau Madiun dengan namaPENCAK SPORT CLUB dengan dasar keberanian
untuk melawan penjajah Belanda dan beliaukeliling di Daerah
Kediri,Nganjuk,Kertosono,Lamungan,Jombang dan solo.Dengan kegiatan
tersebut beliau sering keluar masuk tahanan karena sering ditangkap
Belandadengan tuduhan SH Pilangbangau dicurigai sebagai tempat
berkumpulnya para PatriotIndonesia untuk melawan Belanda.Tempat-tempat
latihan SH juga sering dibub arkan plehbrlanda,sehingga latihannya
sering juga berpindah-pindah tempat.Lalu untuk mengelabuhiBelanda nama
SH diganti dengan nama PSC (Pemuda Sport Club),akhirnya saat itu
beliauditangkap lagi oleh belanda dan ditahan di Madiun dan dibebaskan
pada tahun 1925,dan saatdibebaskan dari tahanan putrinya yang bernama
Harsani meninggal dunia dengan umur 1,6th. Tahun 1926 beliau ditangkap
belanda lagi ,saat itu ibu Harjo Utomo sedangmengandung,karena didalam
penjara Madiun ada pemberontakan dan beliau pun ikut terlibathal
tersebut sehingga tahanannya ditambah 5th lalu dipindahka ke Buih Cipinang Jakarta selama2bln dan dipindahkan lagi ke Buih Pandangpanjang Sumatera.
Tahun 1932
beliau pulang dari pembuangan dalam penderitaan keluarga,akhirnya
beliau tidakmengajarkan pencak silat lagi secara keliling dan hanya
mengajar di PilangbangauMadiun.Adapun penghidupannya selalu tidak tetap
dan beliau juga pernah ditolong oleh untukmenjadi Redaktur harian dan
sebagai Okrol/Pengacara.Tahun 1942 pada masa pendudukan Jepang atas usul
saudara SH PSC yaitu sdr.SuratnoSurengpati nama PSC diganti dengan nama
PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE sampaisekarang dengan dasar tanpa
organisasi atau dengan dasar PERSAUDARAAN.Tahun 1948 ats usul
sdr.Soetomo Mangku Joyo,Jendro Harsono dan Sausara Soemadididakan
konverensi PSHT di Pilangbangau dirumah sdr.Hardjo Utomo dengan hasil
bahwa PSHTdiorganisasikan secara formal dengan pengurus:Ketua pusat :
Sdr.Soetomo Mangku JoyoWakil ketua : Sdr.Jendro HarsonoSekretaris :
Sdr.SoemadjiTahun 1950 Sdr.Mangku Joyo pindah ke Surabaya dan Jendro
Harsono pindah ke Kediriakhirnya pimpinan pusat dipegang oleh
Sdr.Ersad,sekertarisnya Bambang soedarsono.akhirnyapada tahun 1952 KI
Hajar Harjo Utomo meninggal dunia karena penyakit darah tinggi.Jadi PSHT
didirikan pada tahun 1922 di Madiun sebagai pusat organisasinya dan
lebihterorganisir dengan adanya cabang-cabang maupun
ranting-ranting.Ketua-ketua PSHT:1.
Sutomo Mangku joyo tahun 1948-19502.
Irsad tahun 1950-19743.
RM Imam Kusupangat tahun 1974-19774.
Badini tahun 1977-19815.
Drs.Tarmaji Budiharsono tahun 1977-sekarang
DASAR DAN AZAS PSHT
1. PSHT berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 negara RI
2.PSHT berazaskan persaudaraan atau kekeluargaan yangkekal,keolahragaan,kesenian,beladiri dan kerohanian
3.PSHT
tidak berafiliasi/memihak pada aliran politik manapunIlmu dalam PSHT
merupakan sumber pondasi daripada cara berfikir,tindak-tanduk
danpengambilan suatu keputusan dari suatu permasalahan .Maka dari itu
PSHT bisa guyub rukunyang kekal abadi sehingga ada kaitannya juga dengan
langgengnya PSHT yaitu dalampersaudaraan harus ada saling
pengertian,saling sayang menyayangi dan saling tanggung jawab.Dengan
adanya hal-hal tersebut maka persaudaraan yang dijalin dalam organisasi
pencaksilat PSHT bisa abadi selama-lamanya.Sedangkan ilmu yang diajarkan
dalam PSHT yang utamayaitu ilmu Setia Hati,yaitu ilmu untuk mengenal
diri pribadi sebaik-baiknya,karena warga yangsudah bisa mengenal dirinya
sendiri maka ia tidak sulit untuk mengenal diri pribadi oranglain,bila
bisa menasehati diri sendiri maka ia tidak sulit untuk menasehati orang
lain dan bila iabisa memimpin diri sendiri maka ia tidak sulit untuk
memimpin orang lain.
AZAS KEPEMIMPINAN
Azas kepemimpinan yang baik adalah:
Kepemimpinan
yang mengandung kebenaran fundamental yang digali
darikepribadian/kebudayaan bangsanya.Oleh sebab itu azas kepemimpinan di
Indonesia haruslah berlandaskan falsafah bangsaIndonesia yaitu
Pancasila.Dan organisasi pencak silat PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE
jugamemiliki dasar atau landasan Pancasila.Manifestasi kepemimpinan
Pancasila dijabarkan dalam 11 asasi,yaitu:
1.Taqwa:Bertaqwa kepada Tuhan YME dengan sesungguhnya sehingga ikhlas dalammenjalani perintah dan laranganNYA.
2.Ing
Ngarso Sung Tulodho:Seorang pemimpin harus berdiri didepan dan bisa
memberikan contoh suritauladan yang baik,menjauhkan diri dari perilaku
yang tidak hormat.
3.Ing
Madyo Mangun Karso:Seorang pemimpin harus mampu menggugah semangad anak
buahnya melaluihubungan dan dialog yang
akrab,kekeluargaan,terbuka,obyektif dan salingpengertian.
4.Tut Wuri
Handayani:Snangeorang pemimpin harus mampu member dorongan pada anak
buahnya agartidak sewenang-wenang dan agar berprestasi.
5.Waspodho
Purbawasesa:Seorang pemimpin harus selalu waspada serata sanggup dan
berani memberikankoreksi yang benar pada anak buahnya dan selalu
mencegah pengaruh-pengaruhnegatif yang dapat merusak mental dan moral
maupun disiplin anggota.
6.Ambek
Parumarto:Seorang pemimpin harus dapat memjlih dengan tepat manaYang
harus dilakukan yaqn bisa mendapat prioritas dalam melqksanakan
dalamprogram kerjanya.
7.Prasojo:Seorang
pemimpin harus memiliki perilaku yang lebih baik,kreatif dalam
berpikirdan mampu menangani segala permasalahan yang ditangani.
8.Setia:Seorang pemimpin harus mempunyai sikap yang loyal/rela demi bawahan danorganisasi.
9.Gemi Nastiti:Seorang pemimpin harus dapat membatsi pengeluaran dan penggunaan keuanganorganisasi(Hemat)
10.Bloko:Seorang
pemimpin harus memiliki kerelaan,berani tanggung jawab,beranimengakui
kesalahan dan memjiliki watak setia tidak menutupi suatu
kekuranganapapun.
11.LegowoMemiliki kerelaan atau keikhlasan saat menyerahkan tanggung jawab paqdagenerasi berikutnya
1.Segi
empat: 4 kiblat 5 pancer yang dimiliki manusia yaitu
cipta/dayapikir,rasa/perasaan,karsa/kemauan,jiwa/rokhani dan
raga/jasmani.
2.Dasar
warna hitam:Melambangkan kekal abadi,yaitu persaudaraan yang dijalin
setiap anggota PSHT selalukekal dan abadi selama-lamanya(bagaikan
saudara sekndung sendiri)
3.Hati
putih berbatas warnaa merah:Hati melambangkan cinta kasih,putih
melambangakn kesucian,batas merahmelambangkan kebaranian.Artinya cinta
kasih yang diberikan warga PSHT bersifat tulus ikhlas tapi ada batasnya.
4.Sinar putih yang memancar dari hati:
a.Melambangkan
jalannya hukum karma.yaitu hukum gaib dari Tuhan yang berlaku dalalam
tata kehidupan manusia yangterjadi secara adil dan tidak memihak.Dalam
berpakarti dan berkarya hendaknya selalu ingat bahwa segala sesuatu itu
adabuah dari pakarti dan karya tsbt,ibaratnya nandur telo tukul telo
nandur pari tukulpari.
b.Melambangkan
pancaran cinta kasih.Artinya yaitu warga PSHT harus sanggup memmberikan
cinta kasih atau perwujudankepada segenap umat Tuhan tanpa mengharp
imbalan apapun.
c.Melambangkan
sinar terang.Artinya yaitu warga PSHT harus sanggup menciptakan suasana
bahagia dansejahtera lahir batin terhadap lingkungan dimana ia berada.
5.Bunga terate.
a.Melambangkan bunga yang indah dan megah.Artinya yaitu warga PSHT harus simpatik dan berwibawa.
b.Melambangkan
ketahanan hidup dimana saja,walaupun tinggal satu biji tetapbertunas
dan hidup.Artinya yaitu PSHT diharapkan mampu berdiri dan berkembang
dimana saja danwarga PSHT harus mempunyai sikap hidup yang dinamis,mampu
menyesuaikan padalingkungan tanpa terpengaruh lingkungan yang kurang
baik.
6.Bunga
terate terdiri dari kuncup,setengah mekar dan mekar.Artinya yaitu
Walaupun warga PSHT terdiri dari berbagai macam lapisanmasyarakat,dari
lapisan terendah hingga lapisan yang paling tinggi,namun semuanyasaudara
yang sederajat tanapa membedakan
suku,agama,golongan-politik,kekayaan,kepandaian dan sebagainya.
7.Pita
tegak berwarna merah diatas warna putih.Melambangkan keberanian atas
dasar kebenaran.Artinya yaitu Warga PSHT diharapkan menjadi manusia
pemberani atas dasarkebenaran,dengan semboyan berani karena benar takut
karena salah.
8.Senjata.Selemah-lemahnya
makhluk hidup pasti memiliki alat untuk melindungi diri,jadi
senjatamerupakan alat untuk membela diri dan.
9.Tulisan
PERSAUDARAAN.Artinya yaitu didalam membina anggotanya,PSHT mengutamakan
kekalnya talipersaudaraan dan pencak silat hanyalah sebagai sarana saja.
10.Tulisan
SETIA HATI.Artinya yaitu warga PSHT diharapkan selalu setia pada
hatinya sendiri dan percaya pulapada dirinya sendiri.
11.Tulisan TERATE.Artinya dapat diambil dari bunga terate.
PANCA DASAR PERSAUDARAAN SETIAHATI TERATE
Panca dasar persaudaraan setia hati iterate meliputi:
1.Persaudaraan
2.Olahraga
3.Beladiri
4.Kesenian
5.Kerohanian/ke SH an
1.Persaudaraan
adalah suatu hubungan batin antar manusia dengan manusia yang
sfatnyaseperti saudara kandung sendiri,dalam PSHT juga lebih dikenal
dengan hubungan batinantara warga dengan warga,warga dengan siswa,siswa
dengan siswa yang kekal abadidan semua dianggap seprti saudara kandung
sendiri.Wujud persaudaraan ada dua(2) yaitu berjabat tangan dan sambung.
2.Olahraga adalah mengolah raga atau tubuh dengan gerakan-gerakan pencak silat yangdiajarkan dalam PSHT.
3.Kesenian yaitu keindahan,Kesenian dalam pencak silat dapat berbentuk permainantunggal ganda atau massal.
4.Beladiri
yaitu membela diri yang dapat diwujudkan seperti pencak silat yang
digunakanuntuk melayani bila keadaan memaksa atau bila benar-benar
diperlukan dan beladiribukan digunakan untuk melawan seseorang.
5.Kerohanian/ke SH an yaitu sumber azas Tuhan YME untuk mendapat budi luhur gunakesempurnaan hidup
ARTI WARNA SABUK/BAN/IKAT PINGGANG
1.Hitam/polos
(tidak tau apa-apa)Warna ban pada tingkat awal sebagai siswa PSHT ini
sesungguhnya tidak ada atau btidakberwarna karena polos mengandung
pengertian suatu keadaan yang masih lugu,kosongatau gelap.Pada tingkat
polos siswa belum tau apa-apa tentang ilmu PSHT walaupunsebelum menjadi
siswa PSHT sudah pernah mengikuti perguruan silat lain.
2.JambonBila
warna merah melambangkan keberanian maka warna jambon atau merah
muda juga berarti keberanian tapi penuh dengan perhitungan.Jadi dalam
menghadapi danmenyelesaikan suatu masalah,siswa tingkat jambon
diharapkan memilki keberanianyang memiliki perhitungan,tidak asal berani
begitu saja karena keberanian tanpaperhitungan akan mengakibatkan
kegagalan dalam penyelesaiannya.
3.HijauWarna
hijau melambangkan suatu harapan,jadi siswa tingkat hijau dapat
dikatakansudah memiliki harapan untuk disahkan menjadi warga PSHT
mengingat peajaran yangdiperoleh mencapai jurus 20.Berdasarkan
pertimbagan tertentu dari pengurus cabang,siswa tingkat hijau
dapatdijinkan untuk mengikuti pengesaan dengan catatan setelah disahkan
wajib menjadiasisten pelatih dan meneruskan pelajarannya sampai tuntas.
4.PutihWarna
putih melabangkan kesucian atau keberanian,siswa tingkat putih
diharapkansudah mulai mempersiapkan diri menjadi warga PSHT dengan jalan
menjagasikap,tingkah laku,kata-kata maupun perbuatan pada hal-hal yang
berfifatbaik,putih,suci atau bersih agar nantinya berhasil disahkan
menjadi warga PSHT tanpaaral melintang.
ARTI PEMBUKAAN PSHT
Gerakan pembukaan dalam PSHT merupakan
awal persiapan sambung atau menhadapilawan dimana dalam setiap gerak
mengandung arti yag harus dipahami yaitu :
1.Sikap
berdiri tegak seperti huruf alif,kedua telapak tangan merapat,kedua
jarimenempel ulu hati dan jemari mengarah keatas.-Percaya dan takwa pada
Tuhan YME-Menyatukan diri kepada Tuhan YME,dimaksudkan sebagai
permohonan kekuatandan perlindungan kepada Tuhan YME-Sikap pasrah atau
berserah diri pada Tuhan YME
2.Kaki
kanan digeser kesamping sekitar 15 derajat,telunjuk dan jari tengah
kanandisatukan (senam 26)-Dalam pencak silat jari yang paling sering
diginakan adalah jari telunjuk dan tengah-Sikap tidak memancing masalah
dan yakin bahwa pada hakekatnya didunia initerdapat dua hukum
kehidupan,ada siang ada malam,ada kalah ada menang dsb.
3.Telunjuk
dan jari tengah kanan menyentuh tanah,jongkok dengan kaki
kananmelindungi kemaluan dan pandangan kedepn menatap lawan.-Sikap dan
yakin bahwa salah satu unsur kehidupan kita adalah tanah/bumi atausering
disebut ibu Pertiwi.
4.Telunjuk
dan jari tengah kanan diarahkan keudara.-Sikap yakin dan sadar bahwa
salah satu unsur kehidupan kita adalah udara atauyang sering disebut
dengan bapa angkasa.
5.Telunjuk dan jari tengah kanan ditempelkan peipis kanan.-Sikap percaya pada diri sendiri.
6.Jemari
tangan kanan mengepal dan dipukulkan dengan diikuti pandangan mata
ke-arah lawan.-Sikap yakin dan percaya bahwa lawan bisasa dikahkan atau
segala permasalahanbisa diselesaikanTangan kiri disikutkan ke depan
(menagkis) bersamaan memindahkan berat badandari kaki kanan ke kaki
kiri,memutar badan setengah lingkaran.-Sikap mengantisipasi (siap
menghadapi) serangan lawan.-Setelah berhasiil menhyelesaikan
permasalahan maka kita harus segera menutuppermaslahan itu lebih dulu
dan kemudian melngkah pada permasalahan yanglainnya.
7.Selanjutnya gerakan kiri sama dengan gerakan kanan dari gerakan 2 sampai 6.
8.Kembali
ke sikap semula.Catatan :-Sebelum memulai gerakan pembukaan diawali
dengan jabat tangan,karena kitatetap bersaudara walaupun akan mencoba
keahlian masing-masing dalam sambung.Ibarat tego lorone ora tego
patine.-Apabila kita tidak sempat melakukan pembukaan,cukup berdiri
tegak sepertigerakan 1
TUJUAN PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE
Tujuan PSHT adalah membentuk manusia berbudi luhur tahu benar dan salahberdasarkan ke-SH an,yaitu :
1.Takwa kepada Tuhan YME.
2.Pemberani tidak takut mati.
3.Soal kecil remeh mengalah,soal besar/prinsip baru berpikir dan bertindak.
4.Sederhana.
5.Ikut memayu hayuning bawono.
Keterangan
Manusia
yang berbudi luhur adalah manusia yang isa membedakan mana yang benar
dan salah.Serta tidak hanya memikirkan diri sendiri(lebih mementingkan
kepentingan umumdari pada kepentingan pribadi).Namun bila seseorang
dapat membedakan mana yang benar dan yang salah,tidak salah jika
iaberkumpul dengan orang-orang yang berbuat salah,karena seseorang
tersebut tidak akanmengikuti perbuatannya yang salah.Seseorang yang
berbudi luhur pastilah memiliki jiwa SH,yaitu setiapada hatinya
sendiridan selalu meyakini bahwa kekuatan tertinggi itu ada di tangan
Tuhan.
1.Takwa
kepada Tuhan YMESebagai Insan pancasila,anggota PSHT dituntut memiliki
iman yang mendalam kepadaTuhan YME.Ketakwaan yang dilandasi ke imanan
akan ke Esaan Tuhan yang dibarkanoleh hati diucapkan oleh lidah dan
diwujudkan dalam amal perbuatan yang baik danbenar.
2.Pemberani
dan tidak takut matiBerani adalah suatu tingkatan mental yang mengakui
adanya ketakutan ataukekhawatiran terhadap kemunginan-kemungkinan
timbulnya bahaya,kegagalan ataucelaan.Dan bila mental seseorang seperti
itu pasti akan lebih matang dalam melakukansuatu tindakan Takut adalah
suatu sikap mental yang kurang memiliki ke imanan dan ketakwaanterhadap
Tuhan,karena jika seseorang telah benar-benar ber iman dan bertakwa
kepadaTuhan YME maka segala perbuatan kita pasti akan mantap dan jauh
dari rsa takut.Untuk melatih keberanian perlu kita pelajari dan pahami
rasa takut,dan raea takut itusendiri ada 4 macam,yaitu :
1.Takut salah,yaitu suatu rasa takut apabila perbuatannya menimbulkankesalahan.
2.Takut malu
3.Takut salah
4.Takut
matiKe 4 rasa takut tersebut merupakan rasa takut yang sering timbul
pada setiap dirimanusia,namun rasa takut seperti itu harus kita lawan
dan ditiadakan dari diri kita.
3.Soal
kecil remeh mengalah,soal besar atau perinsip baru berpkir dan
bertindak.Di dalam menghadapi segala suatu permasalahan,anggota PSHT
diharapkan selalumenunjukkan kebesaran hatinya dengan meniliti dan
memisahkan suatu permasaahantersebut termasuk msalah yang kecil atau
besar.Masalah prinsip adalah suatu masalah yang berkaitan dengan
Agama,Nusabangsa,Pancasila,kehormatan dan keselamatan hidup.
4.SederhanaYang
dimaksudkan sederhana disini yaitu sederahana dalam perwujudan sikap
dantingkah laku yang sesuai dengan keadaan dimana dimana kita berada
atau tidakberlebihan,seperti pepatah mengatakan ojo sok golek wah amargo iso tambah owah
5.Memayu
hayuning bawonoArtinya adalah suatu sikap untuk menciptakan suasana
kebahagyaan yang disertakandan diwujudkan dengan pengamalan ilmu
PEDOMAN PSHT
Dalam PSHT
juga memiliki beberapa pedoman ataupun sanepan(jika berbahsa jawa),itu
adalahkata-kata bijak yang mengandung arti penting,diantaranya yaitu :
1.Cilik
ora kurang bakal gede ora turah bakal,waton keno dak ingeti ora ilang
tak kedhepiisih ujud manungso jalok opo bakal tag ladeni.
2.Sepiro gedhene sengsoro yen tinompo aung dadi cobo
3.Nandur pari tukul pari,nandur telo tukul telo utowo nandur becik tukul becik nandur olotukul olo
.4.Menunda pekerjaan berarti memperpanjang pekerjaan.
5.Wong linuweh iku kudu biso ngepek ati lan ngepenakake liyan.
6.Wong kang ora gelem ngudi kabecikan iku prasat setan.
7.Ojo pisan-pisan nyacat dening liyan,amarga ora ono wong kang tanpo cacat.
8.Wong golek iku yen wes oleh weweh,yen wes weweh ngengeh.
9.Sing
sopo menang sa wenang-wennag ora bajal lestari anggone menang,nanging
yenkalah ora ngakoni kalah bakal lestari anggone kalah.
10.Guno lan topo iseh kalah marang wong kang sabar lan narimo.
11.Suro diri joyo ningrat lebur dening pangestuti.
12.Sopo suci bakal adoh beboyo pati,sopo kakean milik bakal kaliren wekasane.
13.Orang itu tidak akan berhasil dalam segala hal tanpa didahului disiplin.
14.Orang bodoh itu bisa dipintarkan,tapi jika males sukar untuk diajak maju.
15.Ojo seneng gawe gendro jalaran gawe gendro iku sipating demit.
16.Yen
siro dibeciki dening liyan tulisen ing watu supoyo ora ilang lan tansah
kelingan,yensiro gawe kabecikan tulisen ing lemah ben ilang lan tansah
ora kelingan.
17.Tingginya
ilmu seseorang bukan jaminan suatu kemenangan,tingginya keberanian
pun juga bukan jaminan suatu kemenangan,tapi dari rangkaian
keberanian,tingginyailmu,ketabahan dan taktik lah yang bakal menentukan.
18.Orang
menangis dalam kebahagiaan itu banyak tapi orang yang terawa
dalampenderitaan itu tidak banyak,maka dari itu siapa yang bisa
menyelesaikanpenderitaannya dengan senang hati adalah orang hebat.
PENGEMBANGAN ILMU
Sebagai
anggota PSHT kita harus mampu menerapkan berbagai macam ilmuyang
sederhana saja namun banyak akan manfaatnya,diantara ilmu tersebut yaitu
ilmupadi yaitu semakin merunduk semakin berisi.Orang yang ilmunya
tinggi orang itu pastibersikap andap asor,sopan santun,rendah hati dan
tidak sombong.Namun jika orang yang ilmunya rendah kebanyakan orang itu
bersikap adigang adigungadiguno atau istilah jawanya mentheng
kelek,ibaratnya padi kalau semakin brisi semakinmerunduk dan jika tidak
berisi semakin berdiri tegak.Adapun ilmu yang bermanfaat dalam hidup ini
adalah ilmunya suanan Kali jagayaitu menutup kali songo yang ada dalam
diri kita,artiya merawat dan memeliharasebaik mungkin Sembilan lubang
pada tubuh kita ini dan menghindarkannya dari segalakegiatan yang menuju
kemaksiatan.Dan yang lebih penting lagi yaitu janganlah kita
sekali-kali berbuat kemaksiatanatau melanggar perintah Allah swt,karena
segala macam yang ada di dunia ini hanyaAllah yang Kuasa atas
apapun.Maka dari itu marilah kita selalu berjalan dijalan yangtelah
ditunjukkan Allah swt,yaitu menuju jalan yang lurus dengan menjalani
perintahnyadan menjauhi larangannya.
WARGA
Warga berasal dari kata :
1.Wani amarga: Dalam membela kebenaran.
2.Wedi amrga: Melakukan kesalahan.
3.Wibowo
amarga: Perkataan dan kelakuanBila menjadi warga hendaklah mampu
mengamalkan apa yang telah diajarkan dalam PSHTyang sesuai dengan ke SH
an,setidaknya bila menjadi seorang warga hendaklah membelakebenaran dan
takut berbuat dosa.Menjadi seorang warga tidak perlu menyombongkan
dengan apa yang telah didapatkannya,krnPSHT tidak pernah mengajarkan hal
seperri itu dan belum tentu seorang yang telah menjadiwarga bisa
mengalahkan segala sesuatu karena diatas langit masih ada langit.Dalam
PSHT seseorang yang lemah bisa menjdi kuat bila ia peercaya kemampuan
dantindakannya sesuai dengan ketentuan dan atas ridlo Allah swt,Karena
hanya Allah sangpenguasa seluruh alam semesta.Seorang yang lemah belum
tentu memliki sifat yang baik,memang orang yang lemah itukelihatan
seperti orang yang baik yaitu tiudak suka melihat kekerasan dan
terkadang sukamengalah walaupun pada soal yang prinsip.Sebenarnya orang
yang lemah jiwanya tidak berani berbuat sesuatu seperti halnya orang
yangberjiwa baik/kuat hatinya karena seorang yang berjiwa kuat akan
bertindak/berbuwat lemahlembut.Seperti halnya dalam mengatasi suatu
masakh yang sepele/remeh ia selalu mengalahdan bila dalam masalah yang
prinsip/besar ia mampu dan berani memngatasi masalah tersebutskaluipun
menaruhkan jiwa raganya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar